Sektor Pertanian Mengalami Peningkatan Ekspor 14,03 Persen

Sektor Pertanian
sumber: Sindonews.com

Status negara agraris di Indonesia sempat dipertanyakan, karena beberapa lahan pertanian yang kini mulai beralih fungsi menjadi hal lain. Apalagi dari sektor pertanian sering dikabarkan bahwa Indonesia lebih banyak melakukan impor dibandingkan dengan ekspor.

Tentunya kabar tersebut, mau tidak mau sedikit mencoreng status negara agraris yang dimiliki oleh Indonesia. Namun seolah tidak mau terlalu lama terpuruk, sektor ini menunjukan tajinya dengan meningkatnya sektor ekspor secara pesat.

Tidak tanggung-tanggung peningkatan yang diberikan dari sektor pertanian ini mencapai 14,03 persen. Tentunya hal itu bukan angka yang kecil, dan merupakan prestasi yang memuaskan. Apabila hal ini bisa dipertahankan, maka bukan tidak mungkin sektor ini bisa menjadi salah satu sektor andalan ekspor Indonesia.

Tanaman Holtikultura Menjadi Subsektor Penyumbang Terbesar

Sumber: Derkoruma.com

Kambar gembira ini tentunya membuat banyak orang yang terlibat langsung dalam kegiatan pertanian menjadi gembira. Dalam laporannya ada tiga komoditas pertanian yang memberikan sumbangsih paling besar terkait dengan kenaikan ini.

Menurut data ekspor pertanian Indonesia yang pertama adalah sektor tanaman holtikultura yang menyumbangkan angka 4,37% lalu ada tanaman pangan di angka 3,54%. Selanjutnya ada sektor tanaman pertumbuhan di angka 1,33 persen.

Melihat angkanya yang menunjukkan grafik positif, mengindikasikan bahwa sektor ini masih bisa bersaing dengan sektor lainnya. Diharapkan trend positif ini juga bisa dibarengi dengan subsector lainnya dari sektor ini.

Diharapkan Sektor Pertanian Bisa Diberikan Perhatian Lebih

Karena berhasil menunjukkan peningkatan, maka pihak terkait pertanian semuanya meminta agar sektor ini bisa diberikan perhatian lebih. Sebab ini prestasi yang luar biasa masih bisa memberikan trend positif saat pandemic berlangsung.

Dari sektor lainnya kebanyakan yang terjadi adalah penurunan tajam, dan hanya pertanian yang mampu bertahan dan justru memberikan statistic yang memuaskan. Sehingga diharapkan dengan prestasi ini semua pihak mau untuk lebih berkontribusi.

Melakukan kontribusi untuk sektor ini juga bukan hal yang merugikan, justru akan memberikan keuntungan yang besar bagi suatu negara. Karena negara bisa hebat, apabila sektor ini juga hebat.

Pendapat Menteri

Tentunya hasil positif ini memberikan dampak yang menyenangkan bagi pihak yang terlibat di dalamnya. Tidak terkecuali Menteri Pertanian, dan segenap jajarannya di Kementrian Pertanian.

Trend positif ini diminta oleh Menteri Pertanian untuk terus ditingkatkan, kalau perlu bisa membuat Indonesia menjadi negara swasembada pangan seperti dulu. Jadi tidak terlalu bergantung lagi dengan produk import.

Ahli juga menyatakan pendapatnya bahwa trend ini menunjukkan bahwa kinerja Kementrian Pertanian nyata adanya. Terbukti dengan data ini yang menunjukkan peningkatan meskipun sedang dalam waktu yang sulit seperti ini.

Masyarakat Diminta untuk Berpartisipasi Aktif di Sektor Pertanian

Terakhir sebagai penutup, masyarakat diminta untuk bisa berpartisipasi aktif. Terutama bagi para milenial yang diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada pertanian baik di masa ini maupun dimasa yang akan datang.

Jangan sampai usia produktif yang ada dan bisa dimanfaatkan, justru menghindar dan merasa bahwa sektor ini tidak bisa memberikan gengsi besar seperti pekerjaan lain. Itu merupakan pendapat kuno yang harus segera dihilangkan.

Karena apabila masyarakat mau bahu-membahu serta berpartisipasi secara aktif, maka bisa dipastikan bahwa sektor ini akan menunjukkan peningkatan yang jauh lebih luar biasa dibanding sebelumnya. Jadi ayo jadi bagian aktif.

Bagi yang penasaran dengan berita-berita lainnya, dan ingin terus update seputar dunia dan sektor pertanian, maka pastikan untuk rajin mengunjungi situs ini. Karena disini akan diberikan banyak sekali informasi yang bermanfaat seputar dunia pertanian.

Ashkadia Bond

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *