Penyuluh Petani Berbasis Teknologi, Kini Harus Mulai Diperhatikan

Penyuluh Petani Berbasis Teknologi, Kini Harus Mulai Diperhatikan
Sumber: helbanna.com

Teknologi kini bukan lagi hal yang asing, dan sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya terkena dampak dari teknologi, termasuk salah satunya adalah penyuluh petani.

Sekarang penyuluh harus mau berdamai dengan teknologi, dan menjalankan peran penyuluh sahabat petani. Nantinya bisa menghasilkan petani yang mandiri, namun tidak menghilangkan kehadiran penyuluh.

Penyuluh Petani Berbasis Teknologi untuk Kemajuan Petani

Sumber: Facebook.com

Bukan hal baru kalau teknologi kini sudah masuk kesetiap sendi kehidupan manusia, salah satunya dunia agraris. Petani sekarang ini sudah mulai bisa mengoperasikan berbagai hal hanya dengan mengandalkan teknologi. Lantas apakah peran penyuluh masih dibutuhkan?

Tentu saja masih, penyuluh disini sebagai pembimbing untuk memahami bagaimana penggunaan teknologi tersebut. Bisa juga penyuluh bekerja dibalik layar dengan menghasilkan artikel yang bisa ditampilkan di media masa.

Intinya penyuluhan pertanian ini harus sudah mulai berorientasi kearah kemajuan teknologi. Hal ini bertujuan untuk memajukan petani, dan memastikan penyuluh tetap bisa berjalan beriringan.

Hambatan yang Mungkin Ditemui

Perubahan pasti diiringi dengan hambatan, begitu juga dengan pola perubahan penyuluh petani ini. Ada beberapa hal yang menjadi hambatan, dan paling mungkin ditemui dalam penerapannya diantaranya.

1. Mental Petani

Pertama adalah mental dari petani itu sendiri, karena seperti yang kita tahu petani di Indonesia rata-rata masih menggunakan prinsip tradisional. Jadi untuk mengubahnya ke era industry 4.0, diperlukan usaha yang lebih besar.

Minimal untuk menyadarkan petani, dan mengajak petani untuk mau lebih kenal dengan dunia teknologi. Rintangan terbesarnya adalah ini.

2. Teknologi yang Belum Terlalu Berkembang

Meskipun sudah memasuki era industry 4.0, namun tidak bisa dipungkiri jika beberapa daerah di Indonesia masih kurang berkembang dalam hal teknologi. Ini akan menjadi hal yang paling mungkin ditemui sebagai hambatan.

Ada banyak daerah yang masih sulit menemukan sinyal, mendapatkan jaringan, dan alat teknologi yang baik. Oleh karena itu peran penyuluh disini penting untuk bisa mengatasi semua kendala tersebut.

3. Sulitnya Melakukan Evaluasi

Evaluasi itu penting dalam segala kegiatan, hanya saja hal ini akan sulit dilakukan untuk kasus ini. Mengetahui dampak dari pemanfaatan informasi yang didapatkan oleh petani, dan dampak dari informasi itu disebarkan.

Karena penyebaran informasi itu bersifat massif, dan tidak bisa dikontrol dengan mudah. Oleh karena itu penyuluh harus ikut andil mengawasi informasi yang didapatkan oleh petani.

4. Terbatasnya Dukungan Anggaran

Masalah dana biasanya menjadi masalah yang sensitif, termasuk anggaran untuk cyber extension. Mengubah sesuatu kebiasaan menjadi kebiasaan baru tentulah membutuhkan dana yang besar.

Jadi disini peran penyuluh juga penting untuk bisa membantu petani mencari bantuan dana. Selanjutnya bersama dengan petani memanfaatkan hasil dana yang ada.

5. Sumber Informasi

Indonesia memiliki banyak sekali orang-orang cerdas hanya saja sedikit yang mau membagi ilmunya. Itu yang terjadi sehingga petani menjadi sulit untuk mencari tahu pemanfaatan teknologi.

Karena itu penyuluh bisa hadir tidak hanya sebagai sahabat petani, tapi juga sebagai sumber informasi.

Penyuluh Harus Menjadi Penyeimbang

Seperti yang dikatakan sebelumnya informasi melalui internet itu sifatnya luas, dan beberapa kadang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Disinilah pentingnya kehadiran penyuluh sebagai penyeimbang.

Penyuluh akan memberikan petani informasi yang dibutuhkannya, sekaligus membatasi informasi yang tidak jelas sumbernya. Dengan begitu pemanfaatan teknologi tetap bisa berjalan dengan baik dan sesuai keinginan.

Jadi jangan sampai niat awal penyuluh petani berbasis teknologi yang ingin memajukan teknologi justru malah membuat petani menjadi salah dalam memanfaatkan teknologi. Hambatan perlu untuk diperhatikan, dan perannya sebagai penyeimbang juga sangat diperlukan.

Ashkadia Bond

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *