SEJARAH WAGYU DAN TEKNIK PEMELIHARAANYA

Apa Itu Wagyu?

Wagyu adalah jenis daging sapi yang dikenal dengan kualitasnya yang sangat bagus. Daging ini termasuk dalam jajaran bahan mewah yang hanya bisa ditemukan di toko-toko tertentu. Daging Wagyu berkualitas tinggi ini diproduksi di Jepang. Wagyu jika diterjemahkan berarti “daging sapi Jepang”. Namun, tidak semua sapi yang ada di Jepang bisa menghasilkan Wagyu.

Wagyu berasal dari empat jenis sapi. Sapi tersebut adalah Japanese Black, Japanese Polled, Japanese Brown, dan Japanese Shorthorn, atau campuran keempatnya. Sedangkan jenis sapi yang paling umum menghasilkan Wagyu adalah Japanese Black atau disebut juga “Kuroge Wagyu” dalam bahasa Jepang.

Sapi penghasil wagyu memiliki syarat harus lahir dan dibesarkan di Jepang. Penghasil wagyu harus terdaftar dalam sistem resmi yang bisa diakses oleh industri dan khalayak umum secara bebas.

Sejarah Wagyu

Wagyu dikenal sebagai bahan makanan asli dari Jepang. Namun, nyatanya jika dilihat dari segi agama dan budaya daging tidak selalu menjadi bagian masakan jepang. Daging wagyu yang dikenal sekarang lahir sekitar abad ke-20, sapi yang dikembangkan adalah sapi lokal Jepang dengan dengan sapi berkualitas tinggi dari Eropa. Secara genetik, sapi wagyu menghasilkan daging yang empuk dan memiliki corak lemak yang bagus.

Pada tahun 1991 Jepang mencabut larangan impor daging sapi. Produsen wagyu dapat bertahan di pasar dengan memperhatikan karakteristik daging yang berkualitas tinggi.

Mereka membuat perbedaan dengan para pesaing internasional lainnya, para pesaing mereka biasanya menawarkan daging yang murah tapi dengan kualitas yang rendah. Mereka memfokuskan pada peningkatan teknologi dan kualitas serta menciptakan kemewahan pada budaya daging sapi.

Teknik Pemeliharaan Sapi Wagyu

Sapi Wagyu
Sumber: freepik.com

1. Pakan

Anak sapi penghasil wagyu dibesarkan di lumbung dan diberi nama, ini berguna agar peternak benar-benar mengenali sapi yang mereka pelihara.

Mereka diberi diet yang ketat dengan makanan berupa bagian vegetatif dari padi yang mengandung banyak konsentrat. Ada juga pakan sapi campuran serat berupa beras, gandum, dan jerami dengan formulasi khusus. Sapi wagyu akan dibesarkan hingga mencapai berat 7 kwintal dengan waktu sekitar tiga tahun atau hingga sapi tersebut memiliki sekitar 50% lemak di tubuhnya.

2. Kandang

Kandang sapi wagyu harus terletak di tempat yang jauh dari pemukiman agar terhindar dari gangguan berupa polusi suara dan polusi udara. Kebersihan kendang juga sangat diperhatikan dalam pemeliharaan sapi wagyu ini.

3. Kesehatan

Selain dari pakan dan kandang, Kesehatan sapi wagyu juga menjadi perhatian utama untuk menghasilkan daging yang berkualitas tinggi. Mulai dari menyikat sapi dengan sikat yang kaku agar sirkulasi darahnya lancar dan mengecek kesehatan rutin tiap seminggu sekali.

Identitas Penulis
Nama   : Muhamad Rifqi Rimala
NIM : 02.03.20.163
Kelas   : 1B
Prodi   : Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan

POLITEKNIK PEMBANGUNAN PERTANIAN BOGOR

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *